Monday, March 14, 2016

Blue Lagoon Sleman: Pemandian Tirta Budi di Jogja

Belakangan cuaca di kota yang terkenal akan tempat-tempat wisata yaitu Jogja tidak menentu. Kadang pagi hujan, siang hujan, sore hujan dan malam hujan. Ada lagi beberapa hari ini pada siang hari cuaca terasa begitu panas, seolah dipanggang di atas tungku yang menyala-nyala apinya. Hehe... Mungkin itu hanya sebagai ungkapan saja jika memang cuaca belakangan ini perlu di waspadai.

Pemandian Tirta Budi Sleman Jogja
Pemandian Tirta Budi atau Blue Lagoon Sleman di Yogyakarta.
Sumber: instagram.com/keonglasak
Ngomong-ngomong soal cuaca, rasanya enak banget jika waktu siang hari dan panas terus mandi di sungai yang mempunyai kesejukan luar biasa. Nah, bagi kamu yang mempunyai waktu "nyelo" di siang hari dan sedang kepanasan atau gerah, kamu bisa datang ke Blue Lagoon Sleman.

Blue Lagoon Sleman

Blue Lagoon Sleman mempunyai nama asli Pemandian Tirta Budi yang terletak di kecamatan Ngemplak Sleman. Sebuah kolam alami yang dijadikan sebagai pemandian oleh warga setempat ini akan memanjakan setiap pengunjung. Mulai dari kesegaran air, udara, tanah dan sebagainya masih begitu alami, sehingga tempat ini sering dijadikan berakhir pekan oleh warga Jogja.

Air yang ada di Blue Lagoon atau Pemandian Tirta Budi ini berasal dari tiga mata air atau sendang. Sendang yang pertama adalah Sendang Wadon (Putri), Sendang Belik Kluwih dan Sendang Lanang (Putra). Ketiga sendang tersebut mempunyai peran yang sama yaitu mengairi Blue Lagoon Sleman.


Tips Berwisata di Blue Lagoon Sleman

Saat kamu memutuskan untuk datang ke Blue Lagoon Jogja ini, sebaiknya perhatikan cuaca pada waktu itu. Sebaiknya datang pada waktu cuaca yang cerah, sebab jika hujan turun maka air yang ada di Pemandian Tirta Budi Sleman ini akan berwarna keruh.

Pemandian Tirta Budi di Jogja
Sumber: instagram.com/iqbalalfarq
Hampir semua wahana air alami jika turun hujan maka airnya akan berwarna keruh, tidak hanya terjadi di Blue Lagoon Jogja, hal serupa juga terjadi di Telaga Biru Ngreneng atau Blue Lagonnya Gunungkidul yang terkenal dengan mata air alami.

Selain masalah cuaca, sebaiknya juga perhatikan hari berkunjung di objek wisata Blue Lagoon Tirta Budi Sleman ini. Mengingat tempat wisata yang terletak di kabupaten Sleman ini akan begitu ramai atau banyak pengunjung bilamana memasuki akhir pekan atau hari libur.

Jika Anda tidak menyukai keramaian, sebaiknya datang pada hari dan jam kerja. Pada waktu tersebut kebanyakan yang mandi di objek wisata air tersebut adalah anak-anak desa setempat. Jadi Anda tidak akan begitu terganggu oleh penuh sesaknya wisatawan.

Fasilitas di Blue Lagoon Sleman

Pemandian Tirta Budi di Jogja sudah begitu ramai akan adanya wisatawan, sehingga fasilitas yang disediakan di objek wisata ini cukup lengkap. Beberapa fasilitas di Pemandian Tirta Budi adalah sebagai berikut:
  1. Tempat parkir
  2. Kamar mandi umum
  3. Mushola
  4. Warung
  5. Penginapan (Homestay)
  6. Tempat penitipan barang.
  7. Gazebo
  8. Penyewaan perlengkapan mandi (ban, pelampung dll)

Penampakan Blue Lagoon

Pemandian Tirta Budi di Jakal ini mempunyai air yang begitu jernih hingga berwarna kebiru-biruan. Banyak para wisatawan yang berasal dari berbagai daerah dan bahkan luar Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mandi atau menikmati keindahan Pemandian Tirta Budi.

Berikut adalah beberapa foto yang sempat diabadikan oleh para wisatawan yang datang ke Pemandian Tirta Budi Kaliurang.
Foto-foto Blue Lagoon Sleman
Pemandian Tirta Budi di Jogja
Sumber: instagram.com/mhannif
Pemandian Tirta Budi di Jogja
Sumber: .instagram.com/deguesthousejogjatour
Pemandian Tirta Budi di Jogja
Sumber: instagram.com/outboundjogja
Pemandian Tirta Budi di Jogja
Sumber: instagram.com/purnomodidik41
Pemandian Tirta Budi di Jogja
Sumber: instagram.com/septian_widagdo
Pemandian Tirta Budi di Jogja
Sumber: instagram.com/purnomodidik41

Lokasi Blue Lagoon Jogja

Rute Blue Lagoon Sleman dapat ditempuh melalui Jalan Kaliurang KM 13 (pertigaan Besi-Jangkang) terdapat pertigaan, silahkan belok kanan dan ikutilah jalan raya hingga sampai ke Pasar Jangkang, setelah itu belok kanan dan lurus terus sekitar 100 meter akan menemukan sebuah plang atau petunjuk arah ke Blue Lagoon Pemandian Tirta Budi Sleman.

Alamat lengkap dari Blue Lagoon Jogja ini berada di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.

Untuk lebih mudahnya, silahkan lihat pada peta Google Maps yang menunjukkan rute menuju Blue Lagoon Sleman Pemandian Tirta Budi.




Video di Blue Lagoon Sleman


Masukkan email untuk berlangganan artikel LookJogja secara gratis:

Delivered by FeedBurner